Sat10162021

Last updateFri, 23 Nov 2018 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Derap Serayu online olah raga Porkab 2014 Sukses Digelar

Porkab 2014 Sukses Digelar

Pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten Banjarnegara (Porkab) 2014 berlangsung meriah. Pembukaan yang dipusatkan di Stadion Soemitro Kolopaking (7/11) ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo dan unsur Forkompinda. Pembukaan juga dilengkapi atraksi pencak silat dan Atraksi jet Kun Do Shoulin Kung Fu.

Ketua KONI Banjarnegara Oetomo dalam laporannya mengatakan Porkab tahun 2014 berlangsung selama 3 hari (7 - 9 /11) dan mempertandingkan 13 cabang olah raga yaitu atletik, Bola Voli, Bola Basket, Bulu tangkis, Balap sepeda, Catur, Futsal, Karate, Pencak Silat, Renang, Sepak Takraw, Tenis Meja, Tenis Lapangan.
“Selain mempertandingkan 13 cabang olah raga, Porkab 2014 juga  mempertandingkan oleh raga eksebisi yaitu wood ball,meski baru namun cabang ini mulai mempunyai komunitas,” kata Oetomo.
Oetomo menambahkan Porkab diikuti oleh semua Kecamatan di Banjarnegara dengan total jumlah atlit sebanyak 1265 orang serta 257 official. “Selain sebagai ajang kompetisi bagi atlit dan tolak ukur hasil pembinaan, porkab juga menjadi wahana membangun kebersamaan  dan rasa persaudaraan antar sesame atlit, pelatih dan pelaku olah raga di wilayah kecamatan.
“Pada tahun 2015 nanti kita akan menghadapi Porwildulangmas di Magelang serta Porprov 2017 di Tegal, diharapkan dari Porkab ini akan muncul atlet yang akan membela Banjanegara di ajang tersebut,” lanjut Oetomo.
Lebih lanjut Oetomo menjelaskan Porkab merupakan sarana untuk menjaring bibit dan kaderisasi atlit serta untuk mengukir hasil pembinaan dan sebagai ajang kompetisi serta untuk mendorong dan meningkatkan motivasi perkembangan olah raga prestasi diwilayah kecamatan.
Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo dalam sambutannya mengatakan prestasi olah raga Banjarnegara setiap tahun meningkat. Banyak atlit dari Banjarnegara yang memperkuat tim PON Jateng dan Tim Nasional untuk mengikuti berbagai event Internasional.
“Dari event ini saya juga berharap akan muncul atlit yang bisa diandalkan  untuk membawa Banjarnegara pada kejuaraan regional dan Nasional, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi duta negara di event besar internasional,” kata Sutedjo.
Pada hari pertama (7/11), usai pembukaan 5 cabang olah raga memulai pertandingannya yaitu Bulutangkis, Bola Basket, Tenis Mejas, Tenis Lapangan dan Futsal. Sedangkan cabang balap sepeda nomor BMX dan MTB Xross  hari ini dilaksanakan babak kualifikasi untuk menentukan posisi start.
Bulu tangkis dilaksanakan di GOR Pemuda Banjarnegara, Tenis Meja di Aula SMA 1 Bawang, Tenis Lapangan di tenis Indoor Pemkab , Bola Basket di Lapangan SMA Bawang. Sedangkan BMX dan MTB xross dilaksanakan di Katraco Sirkuit Park (PIKOM) Banjarnegara.
Sabtu (8/11) semua cabang memulai pertandingannya termasuk cabang eksebisi yaitu wood ball. Meski baru masuk cabang olah raga eksebisi namun cabang ini mulai diminati. Hal tersebut terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti cabang olah raga ini.
Porkab akan berakhir pada hari minggu (9/11), dan penutupan akan dilakukan di Surya Yudha Sport. Final cabang olah raga bola Voley menutup  seluruh rangkaian kegiatan Porkab. (**anhar).

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan