Tue10262021

Last updateFri, 23 Nov 2018 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Derap Serayu online olah raga Gerak Jalan Gayeng yang Unik dan Lucu

Gerak Jalan Gayeng yang Unik dan Lucu

Unik dan lucu. Itu kesan yang disampaikan oleh Wulan (16 th), siswi kelas X SMA Negeri 1 Banjarnegara, (22/10) di sela-sela menonton lomba gerak jalan Gayeng di halaman sekolah. Dia bersama teman-teman sekolah saat itu tengah diberi kesempatan oleh guru untuk menonton gerak jalan gayeng di depan sekolah.


“Seneng. Karena lucu dan unik-unik. Jadi bikin pikiran fresh. Sangat menghibur” katanya.
Kesan sama juga disampaikan oleh Gunadi (50 th) warga Dukuh Kalipalet, Kelurahan Kutabanjarnegara yang menyaksikan acara ini di depan rumahnya yang berada tepat di pinggir jalan Pemuda.
“Gerak jalan gayeng lucu dan sangat menghibur, tidak saja untuk saya pribadi, namun bisa dinikmati untuk semua kalangan. Dari Ibu yang sudah sepuh hingga anak-anak yang masih kecil” katanya.
Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Sidik Wibowo, menyampaikan bahwa penampilan kreatif peserta gerak jalan Gayeng memang menjadi salah satu syarat di samping syarat-syarat lain seperi harmonisasi, keutuhan regu, dan keunikan.
“Karena konsepnya sehat dan menghibur, maka peserta dipersilahkan untuk mengeksplore kreatifitas.  Batasanya jangan SARA dan tetap sopan” katanya.
Ide kreatif gerak jalan Gayeng, lanjutnya, lahir pada tahun 2010. Waktu itu, lanjutnya, Pengurus KNPI mendapat amanah untuk melaksanakan gerak jalan dengan jarak 30 km. Namun rapat pengurus, lanjutnya, mempunyai pemikiran lain sekiranya ide tersebut tetap dilaksanakan.
“Waktu itu kita ragu, jika tetap dilaksanakan peserta dan penonton akan sepi. Karena itu, harus dicari cara kreatif tetap laksanakan amanah namun dengan cara lain. Maka, lahirlah gerak jalan gayeng. Olah raganya ada, hiburanya juga ada” katanya.
Pada pelaksanaan gerak jalan Gayeng tahun ini, lanjutnya, peserta mencapai jumlah 63. Meski panitia berharap lebih banyak lagi, lanjutnya, namun jumlah ini sudah melebihi target peserta sebanyak 50 group. “Juara diambil 4 kategori yaitu juara 1,2,3 kategori umum putra dan putri. Serta juara 1,2,3 kategori pelajar putra dan putri. Juara memperoleh piala, piagam, dan uang pembinaan” katanya.
Keluar sebagai juara untuk kategori putra umum, lanjutnya, adalah Desa Purwonegoro, Dinbudpar, dan Saka Wira Kartika. Untuk kategori putri umum, lanjutnya, secara berurutan juaranya adalah Setda, Setwan, dan Inggil Production. Kategori pelajar putra, lanjutnya, dimenangkan oleh SMK N 1 BAwang, SMA Purwonegoro, dan SMA Muhammadiyah. Kategori pelajar putri, lanjutnya, dimenangkan oleh SMA N 1 Banjarnegara, SMK N 1 Bawang, dan SMK N 1 Punggelan.  (**—eko br)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan