Mon10252021

Last updateFri, 23 Nov 2018 7am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Derap Serayu online Laporan Khusus TP PKK Kabupaten Banjarnegara Gelar Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan

TP PKK Kabupaten Banjarnegara Gelar Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan

TP PKK Kabupaten Banjarnegara menggelar Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan “Hatinya PKK”, Kamis (08/10). Kegiatan ini bertempat di Gedung PKK Kabupaten Banjarnegara dan diikuti oleh 60 peserta. Mereka terdiri dari Unsur Pokja III TP PKK Kabupaten, Unsur Pokja III TP PKK Kecamatan dan Unsur Pokja III TP PKK Desa Binaan Se-Kabupaten Banjarnegara.

 

Ketua Panitia,Ny. Eni Arifin Romli mengatakan tujuan kegiatan ini yakni sebagai upaya untuk memberdayakan anggota keluarga agar tahu, mau dan mampu membudidayakan, menerapkan dan memanfaatkan tanah pekarangan.

“Maksud dan Tujuan kegiatan ini yakni untuk meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan, baik di perkotaan maupun di pedesaan, untuk membudidayakan tanaman pangan, buah, sayur dan tanaman obat keluarga (TOGA), kemudian dapat mengelola ternak dan ikan, serta mengolah limbah rumah tangga menjadi kompas” katanya.

Menurutnya, Melalui kegiatan ini diharapkan kebutuhan pangan serta gizi keluarga dan masyarakat dapat terpenuhi, melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya untuk menjaga kelestarian dan keberagaman sumber pangan lokal” katanya.

Ny. Eni Arifin Romli menjelaskan, para peserta pelatihan akan memperoleh 2 materi, yakni yang pertama, pemanfaatan kolam pekarangan dan pengolahan hasil perikanan, yang akan disampaikan oleh Yau Sugiardjo, S.Pi, Kabid Perikanan pada Dintankannak Kabupaten Banjarnegara.

“Kemudian materi yang kedua Pemanfaatan Lahan Pekarangan Hatinya PKK, yang akan disampaikan oleh Ir. Rukmi Hera Ekoprapti, Ketua KJF Dintankannak Kabupaten Banjarnegara” katanya. Sementara itu Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Banjarnegara, Ny. Hj. Sakinatun Hadi Supeno mengatakan Halaman Pekarangan yang indah, rapi dan teratur akan menjadi enak jika dilihat, dan tentunya akan membuat senang orang yang melihatnya, terlebih jika halaman tersebut dapat menghasilkan kebutuhan pangan dan obat sehari-hari.

“Untuk itu pemanfaatan lahan pekarangan menjadi penting, harus diatur sedemikian rupa sehingga terlihak elok dan asri” katanya.

Menurutnya, keterbatasan lahan tidak menjadi hambatan ataupun alasan untuk tidak menanam sayuran dan buah-buahan, mengingat tanaman tersebut dapat hidup di polibag atau di plastik.

“Kegiatan bertanam juga dapat menjadi media berkumpulnya keluarga, Ayah menyiapkan media tanam, ibu yang menanam bibit, dan anak yang menyiram dan merawatnya” katanya.

Ny. Hj. Sakinatun Hadi Supeno berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada para peserta dan keluarga, serta lingkungan sekitar di tempat tinggal masing-masing.

“Semoga dengan kegiatan ini, juga dapat menambah penghasilan keluarga” katanya. ***** (Sudin)

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan